• Karanganyar, Jawa Tengah - Indonesia
  • 0271 - 8502888, 8502999
  1. Beranda
  2. Detail Berita

Workshop Kepala Sekolah Penerapan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA)/Asset Based Community Development (ABCD) di Sekolah

image description
Workshop Kepala Sekolah “Penerapan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA)/Asset Based Community Development (ABCD) di Sekolah”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 8 Desember 2021 di Harris Hotel & Conventions Solo, dan dibuka langsung oleh ibu Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor: 6565/B/GT/2020 tentang Model Kompetensi dalam Pengembangan Profesi Guru pada sub Model Kompetensi Kepemimpinan Sekolah menyatakan bahwa seorang pemimpin memiliki 4 (empat) model kompetensi yaitu pengembangan diri dan orang lain, kepemimpinan pembelajaran, kepemimpinan manajemen sekolah, dan kepemimpinan pengembangan sekolah. Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) merupakan implementasi dari model kompetensi kepemimpinan sekolah yaitu kemampuan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah yang dipimpinnya melalui programprogram inovasi yang didasarkan atas asset/potensi yang dimiliki sekolah.

Penerapan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset/PKBA (Asset Based Community Development/ABCD) di sekolah adalah salah satu pendekatan yang menjadikan kepala sekolah sebagai agen perubahan itu sendiri. Pendekatan ini fokus pada aset yang dimiliki sekolah sebagai basis utama pengembangan program. PKBA ini mencurahkan perhatian pada kekuatan, kapasitas, dan aset yang dimiliki oleh sekolah dalam sebuah komunitas yang harus digali sedemikian rupa agar semuanya bisa menjadi sebuah fondasi yang kuat untuk merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Pendekatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap positif serta memberikan semangat masyarakat untuk terbiasa mengekplorasi potensi diri sendiri.

Kegiatan workshop kepala sekolah tentang penerapan PKBA diharapkan dapat memberikan warna baru dalam Pendidikan yang berorientasi kepada peserta didik melalui program-program inovatif yang berbasis keunggulan atau kekuatan sekolah. Panduan ini disusun untuk menjadi acuan dalam penyelenggaraan workshop kepala sekolah untuk memberikan bekal penguatan kemampuan kepala sekolah dalam memaksimalkan seluruh potensi sekolah dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan kegiatan Workshop Kepala Sekolah “Penerapan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA)/ Asset Based Community Development (ABCD) di sekolah” adalah meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam membangun ekosistem sekolah yang dapat menumbuhkan kreativitas untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui penerapan Pendekatan Komunitas Berbasis Aset (PKBA) di sekolah.