• Karanganyar, Jawa Tengah - Indonesia
  • 0271 - 8502888, 8502999
  1. Beranda
  2. Detail Berita

Penguatan Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak Provinsi Maluku, Maluku Utara, NTT, Riau, Lampung, Kep. Riau, dan Kep. Bangka Belitung

image description
Kegiatan Penguatan Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak yang dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 26 November 2021 di Hotel Harris Hotel & Convention Bundaran Satelit Surabaya, Jl. Mayjen HR. Muhammad No.2A, Putat Gede, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kegiatan dibuka oleh Koordinator Pokja Peningkatan Kompetensi LPPKSPS - Drs. Sri Mulyono, M.Pd. dan diikuti 96 orang Pelatih Ahli LPPKSPS, yaitu dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, NTT, Riau, Lampung, Kep. Riau, dan Kep. Bangka Belitung. Tujuan kegiatan Penguatan Pelatih Ahli ini untuk memberikan penguatan kepada pelatih ahli mengenai pembelajaran paradigma baru dan proses pendampingan sekolah binaanya.

Program Sekolah Penggerak yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter. Program Sekolah Penggerak dilaksanakan melalui penguatan kapasitas kepala sekolah dan guru yang menjadi

kunci dalam melakukan restrukturisasi dan reformasi pendidikan di Indonesia. Peningkatan kapasitas kepala sekolah akan membantu warga sekolah untuk mengeksplorasi permasalahan yang dihadapi dan menyelesaikan masalah mereka sendiri. Hal ini sejalan dengan konsep transformasi bahwa seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan akan mampu menemukan solusi dan memperbaiki segala permasalahan secara mandiri. Sekolah Penggerak diharapkan dapat melakukan perubahan secara terus menerus dan bertransformasi menjadi sekolah yang mencetak Profil Pelajar Pancasila. Dengan pendekatan gotong royong/kolaborasi akan memungkinkan kepala sekolah dan guru untuk berbagi pengetahuan dan keahlian, serta mendorong terciptanya peluang-peluang peningkatan mutu, tidak hanya untuk sekolahnya sendiri, tetapi juga sekolah di sekitarnya. Selain itu, melalui sistem gotong royong pula, program Sekolah Penggerak juga diharapkan mampu menciptakan ekosistem perubahan, tidak hanya di sekolah, tetapi juga di level daerah dan nasional. Program Sekolah Penggerak diawali dengan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan pemerintah daerah. Kolaborasi tersebut akan membentuk kemitraan yang strategis sehingga dapat membangun visi dan misi pendidikan yang sejalan. Untuk menjamin intervensi program berjalan baik, disiapkan pula SDM pendukung, yaitu pelatih ahli dan pendamping daerah dari UPT Kemendikbud di daerah yang menjadi rekan kepala sekolah, guru, dan pemerintah daerah dalam menjalankan program Sekolah Penggerak. Mengingat pentingnya peran pelatih ahli sebagai proses pendorong transformasi maka kompetensi pelatih ahli perlu ditingatkan melalui penguatan pelatih ahli.