• Karanganyar, Jawa Tengah - Indonesia
  • 0271 - 8502888, 8502999
  1. Beranda
  2. Detail Berita

Pelatihan Admin LMS pada Program Sekolah Penggerak Tahun 2022

image description
Kegiatan Pelatihan Admin LMS pada Program Sekolah Penggerak Tahun 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 28 April 2022 secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan dibuka oleh Kasubbag TU LPPKSPS - Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T. dengan diikuti oleh 68 orang staff LPPKSPS.

Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non kognitif (karakter), untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Sekolah penggerak menyebutkan bahwa tujuan Program Sekolah Penggerak adalah meningkatkan kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila, menjamin pemerataan kualitas pendidikan melalui program peningkatan kapasitas kepala sekolah yang mampu memimpin satuan pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas, membangun ekosistem pendidikan yang lebih kuat yang berfokus pada peningkatan kualitas, serta menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik pada lingkup sekolah, Pemerintah Daerah, maupun Pemerintah Pusat. Tujuan tersebut dicapai dengan memperkuat SDM sekolah melalui pelatihan dan pendampingan sebagai bentuk intervensi pada tingkat satuan pendidikan.

Pelatihan Admin LMS pada Program Sekolah Penggerak Tahun 2022 mencakup tentang pembelajaran, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah. Pelatihan pada skema program sekolah penggerak mencakup::

1. Pelatihan pembelajaran yang berprinsip pada differentiated learning atau Teaching at The Right Level (TaRL);

2. Pelatihan pedagogik dan penilaian agar guru/pendidik PAUD mampu menerapkan pembelajaran dengan prinsip tersebut; dan

3. Pelatihan pemanfaatan aplikasi digital untuk memudahkan penerapan pembelajaran.

Intervensi yang dilakukan di atas, akan membawa dampak pada peningkatan kapasitas Guru dan Kepala Sekolah yang mensyaratkan 2 (dua) hal, yaitu: pertama, keterlibatan aktif seluruh unsur dalam program sekolah penggerak dan kedua, perlunya metode pelatihan yang mudah diterima oleh Komite Pembelajaran (Kepala sekolah, Pengawas sekolah/penilik, Guru, dan pendidik PAUD) di setiap sekolah penggerak. 

Keberhasilan pelatihan tersebut sangat didukung oleh partisipasi aktif seluruh sumber daya yang terlibat, diantaranya Admin LMS pada Program Sekolah Penggerak. Admin LMS berperan dalam memberikan bantuan teknis kepada instruktur pelatihan dan peserta, serta mengelola konten dan server LMS yang digunakan di kelas daring.

Dalam rangka menyiapkan dan membekali Admin LMS terkait pengelolaan kelas Pelatihan Komite Pembelajaran, maka LPPKSPS perlu menyelenggarakan Pelatihan Admin LMS pada Program Sekolah Penggerak. Panduan ini dibuat sebagai acuan dalam pelaksanaan pelatihan Admin LMS tersebut.

#LPPKSPS #SekolahPenggerak #UntukPendidikanLebihBaik