• Karanganyar, Jawa Tengah - Indonesia
  • 0271 - 8502888, 8502999
  1. Beranda
  2. Detail Berita

Pelatihan Admin LMS Pada Program Pendidikan Guru Penggerak

image description
Kegiatan Pelatihan Admin LMS pada Program Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2022 yang dilaksanakan pada Senin, 9 Mei 2022 dan diikuti oleh seluruh pegawai LPPKSPS sejumlah 98 orang di Gedung Yudhistira lantai 5 LPPKSPS.

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan  global, bernalar kritis, dan mandiri.

Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan satuan pendidikannya masing-masing. Rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ditunjukkan melalui sikap dan emosi positif terhadap satuan pendidikan, bersikap positif terhadap proses akademik, merasa senang mengikuti kegiatan di satuan pendidikan, terbebas dari perasaan cemas, terbebas dari keluhan kondisi fisik satuan pendidikan, dan tidak memiliki masalah sosial di satuan pendidikannya.

Pelatihan Admin LMS pada Program Pendidikan Guru Penggerak Tahun 2022 mencakup tentang membangun kesamaan presepsi, menyiapkan, membekali Admin LMS, dan memperkenalkan tujuan akademik pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak. 

Partisipasi aktif seluruh sumber daya yang terlibat, diantaranya Admin LMS pada Program Pendidikan Guru Penggerak merupakan salah satu indikator keberhasilan pelatihan tersebut. Admin LMS berperan dalam memberikan bantuan teknis kepada instruktur pelatihan dan peserta, serta mengelola konten dan server LMS yang digunakan di kelas daring.

Pelatihan Admin LMS pada Program Pendidikan Guru Penggerak (Program PGP) bertujuan Untuk memperkenalkan tujuan akademik pelaksanaan Program Nasional (Program PGP, Program Sekolah Penggerak, dan Implementasi Kurikulum Merdeka), membangun kesamaan persepsi, menyiapkan, dan membekali Admin LMS dalam mengelola kelas daring. Secara khusus, Pelatihan Admin LMS bertujuan agar admin LMS mampu:

1. Membuat kelas daring Program PGP Angkatan 5 sesuai jadwal yang sudah ditentukan;

2. Mengelola master konten dan server LMS;

3. Membantu fasilitator dalam melakukan rekap kemajuan belajar peserta di kelas daring; dan

4. Memberikan bantuan dan solusi permasalahan teknis di kelas daring.