• Karanganyar, Jawa Tengah - Indonesia
  • 0271 - 8502888, 8502999
  1. Beranda
  2. Detail Berita

Lokakarya 1 Pengembangan Komunitas Praktisi Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5

image description
Kegiatan Lokakarya 1 Pengembangan Komunitas Praktisi Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 Provinsi Bengkulu, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Sulawesi Tenggara dilaksanakan tanggal 11 Juni 2022 dan diikuti oleh 855 orang Calon Guru Penggerak

Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan kegiatan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik; serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila yang dimaksud adalah peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, kreatif, gotong royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri. 

Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogik kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar satuan pendidikan serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan satuan pendidikannya masing-masing. Rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ditunjukkan melalui sikap dan emosi positif terhadap satuan pendidikan, bersikap positif terhadap proses akademik, merasa senang mengikuti kegiatan di satuan pendidikan, terbebas dari perasaan cemas, terbebas dari keluhan kondisi fisik satuan pendidikan, dan tidak memiliki masalah sosial di satuan pendidikannya. 

PGP angkatan kelima yang telah dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 18 Mei 2022. Pada Juni 2022 memasuki Lokakarya 1 Pengembangan Komunitas Praktisi yang diikuti oleh Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak.

Tujuan Lokakarya 1 Pengembangan Komunitas Praktisi Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 adalah : 

1. CGP mengenal ekosistem belajar di program guru penggerak.

2. CGP dapat menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah. 

3. CGP dapat menjelaskan penting dan manfaat komunitas praktisi baik untuk dirinya sendiri dan lingkungan belajar. 

4. CGP dapat menjelaskan konsep, filosofi dan prinsip komuitas praktisi sebagai bagian dari peran guru penggerak. 

5. CGP dapat mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi yang sudah ada. 

6. CGP dapat mengaitkan komunitas praktisi yang sudah ada untuk mewujudkan filosofi, nilai dan peran guru penggerak.