• Karanganyar, Jawa Tengah - Indonesia
  • 0271 - 8502888, 8502999
  1. Beranda
  2. Detail Berita

Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Profesional

image description
"Seorang pemimpin membawa pengikutnya ke tempat yang mereka inginkan. Seorang pemimpin yang hebat membawa pengikutnya ke tempat yang harus mereka tuju meskipun tidak mereka inginkan" (Rosalyn Carter).

Kutipan dia atas disampaikan oleh Mamik Suparmi, M.Pd., Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Surabaya, mewakili Kepala Dina Pendidikan Kota Surabaya, dalam acara pembukaan kegiatan Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) Kota Surabaya Moda Daring Tahap 1 yang merupakan kerja sama antara LPPKSPS-Dinas Pendidikan Kota Surabaya-UNESA, yang diselenggarakan pada tanggal 09 April 2021 dengan menggunakan media Zoom Meeting dan Microsoft Teams Kepala sekolah harus mampu ke arah mana sekolah akan dibawa, dengan cara apa, dan mampu sebagai penunjuk arah. Kepala sekolah harus mampu sebagai pemimpin profesioanal.

Selain Kepala Dinas, hadir pula Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Profesi Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd. Dalam sambutannya ia menyampaikan, pentingnya inovasi dan upaya mendorong inovasi sebaga kepala sekolah. Disampaikan pula pentingnya kepemimpinan transformasional, yaitu kemampuan kepala sekolah untuk menginspirasi orang sehingga bersama-sama dengan sukarela menciptakan suatu keadan yang diinginkan menjadi lebih baik.

Tahap 1 ini diikuti oleh 200 peserta yang telah lulus seleksi administrasi dan terbagi dalam 4 kelas, kelas A, B, C, dan D, dengan jenjang TK, SD dan SMP dari sekolah swasta. Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) Kota Surabaya Moda Daring Tahap 1 dalaksanakan tanggal 9 sampai dengan tanggal 16 April 2021, dengan rincian kegiatan: dimulai tanggal 9 April 2021 dengan Pengenalan LMS oleh narasumber LMS. Tes tulis dilaksanakan pada tanggal 12-13 April 2021, sedangkan tes wawancara dilaksanakan pada tanggal 14-15 April 2021. Setelah rangkain kegiatan tes tulis, tes wawancara, serta penilaian akhir, kegiatan akan diakhiri dengan pelaporan hasil seleksi oleh tim seleksi kepada Dinas terkait, untuk selanjutnya, hasil seleksi tersebut akan disampaikan melalui surat resmi dari LPPKSPS kepada Dinas.

Tim Seleksi Substansi Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS) Kota Surabaya Moda Daring Tahap 1 terdiri dari 8 orang asesor dari berbagai instansi dan perguruan tinggi, dan  8 orang panitia dari LPPKSPS dan UNESA Subrabaya.